BRI Liga 1: Marko Simic Sakit Pinggang, Sudirman Inginkan Permanenkan Irfan Jauhari

By ommed


nusakini.com - Persija Jakarta lagi-lagi tidak mengandalkan Marko Simic pada laga pekan ke-32 Liga 1 2021/22, melawan PSM Makassar, Senin (21/3) petang WIB. Namun, Macan Kemayoran sukses meraih kemenangan 3-1 atas lawannya itu, di Stadion I Gusti Ngurah Rai.

Gol-gol Persija dipersembahkan oleh Makan Konate, Irfan Jauhari, dan Ikhwan Ciptady. Ketiganya mencetak gol karena kontribusi dari Syahrian Abimanyu dalam melepaskan umpan. Secara keseluruhan, Persija terlihat baik-baik saja tanpa keberadaan Simic di depan.

Sudirman, pelatih Persija, memang menegaskan bahwa siapa saja bisa diandalkan dalam strategi dirinya, dan ketiadaan Simic bukan masalah. Sudirman juga sempat menyinggung bahwa Simic punya keluhan pada pinggang, tepatnya usai Persija dikalahkan Madura United, 3-1.

"Marko Simic di beberapa hari latihan kami terakhir, dia ada keluhan sedikit di pinggangnya," umbar Sudirman menjawab awak media, ketika ditanya soal kondisi striker asal Kroasia tersebut.

Melihat bagaimana perkembangan lini depan Persija, Sudirman sendiri lebih senang pada striker muda Irfan Jauhari, atau Taufik Hidayat. Irfan berstatus pinjaman dari Persis Solo, dan Sudirman sangat berharap eks Bali United itu akan bertahan di Persija secara permanen pada musim depan.

"Irfan adalah pemain pinjaman yang boleh dikatakan salah satu transfer yang baik. Pemain muda yang energik, punya feeling mencetak gol. Untuk masalah masa depan saya tidak tahu. Tapi secara pribadi saya ingin dia ada di tim ini di masa depan," beber Sudirman, menambahkan bahwa semua elemen Persija ada pengin Irfan bertahan.

"Alhamudillah kami bisa menang. Kami sempat ketinggalan, tapi pemain bisa bangkit, bisa menunjukkan determinasi dalam bermain dan pantang menyerah untuk bisa membuat gol. Dan peluang bisa dijadikan gol," ulas Sudirman soal pertandingan kontra PSM secara keseluruhan.

Sejauh ini sudah lima gol dicetak Irfan untuk Persija, dari 13 penampilan. Irfan didatangkan pada paruh musim, dengan status pinjaman dari klub juara Liga 2 2021, Persis Solo. Sementara Simic, striker idola Jakmania itu mencetak 14 gol dari 27 penampilan. Hanya saja, beberapa partai terakhir lebih sering duduk di bangku cadangan.


Dengan cemerlangnya Irfan Jauhari di Persija Jakarta, maka tim ibu kota pun bernafsu untuk bisa mempertahankan striker berusia 21 tahun tersebut. Namun, Persis Solo sudah pasti menilai Irfan sebagai aset masa depan mereka.

Tapi belakangan, ada rumor yang mengaitkan Marko Simic diminati oleh Persis. Hal itu menyeruak ketika akun Instagram Simic saling mengikuti bos dari Persis yang juga putra Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, Kaesang Pangarep. Sebaliknya, Kaesang juga mengikuti akun Simic.

Situasi ini mungkin bisa dimanfaatkan untuk membuat Irfan tetap di Persija. Kebutuhan Persija akan Simic sepertinya sudah lewat, sementara Persis membutuhkan striker asing berkualitas yang pengalaman, pada musim perdana mereka di Liga 1. (gi/om)